5 Penyakit yang bisa di derita seseorang akibat Malas Berolahraga

Olahraga adalah segala bentuk aktivitas yang berhubungan dengan gerak fisik bertujuan untuk menyehatkan badan. Gerakan yang dilakukan saat berolahraga dapat memperlancar aliran darah, mengencangkan otot-otot, dan dapat membuat kita akan lebih bersemangat. Dewasa ini, banyak sekali jenis-jenis olahraga yang bisa kamu lakukan baik secara sederhana maupun yang sulit sekalipun. Kamu bisa berolahraga sendiri atau bisa ikut bergabung dengan sebuah komunitas olahraga.


Akan tetapi, kita tidak dapat memungkiri bahwa kegiatan kita yang padat dan cuaca yang tidak mendukung dapat membuat kita malas untuk melakukan olahraga. Kebiasaan begadang untuk mengerjakan tugas ataupun melakukan pekerjaan membuat kita harus begadang, akibatnya kita akan lebih ingin bertemu kasur dibandingkan jogging keliling kompleks atau lapangan.

 “ah capek kerja gue, kalo weekend mending gue istirahat di kasur. Hehe”

“mending tidur ah mumpung masih libur, lagian cuaca juga bikin ngantuk nih”

Dan pada akhirnya kita terjebak dengan suasana rasa malas setelah seharian beraktivitas. Kamu merasa kondisi badan saat ini sehat-sehat saja. Apalagi jika kamu tidak punya riwayat penyakit keturunan yang serius dari keluarga. Kamu akhirnya akan lebih memilih aktivitas lain dibandingkan melakukan olahraga seperti pergi hangout bersama teman-teman atau tidur di kasur yang empuk.

Kecenderungan orang-orang menganggap olahraga adalah kegiatan yang merepotkan untuk dilakukan bagi kamu yang memiliki aktivitas padat.  Bahkan kamu sering sekali dihinggapi rasa malas yang berlebihan, maka dari itu olahraga lebih besar kemungkinanya untuk kamu tinggalkan. Perlu diingat bahwa meninggalkan olahraga berarti kamu ada kemungkinan akan menghadapi berbagai penyakit yang akan menghampirimu. Adapun penyakit yang akan di derita seperti yang akan dibahas berikut ini:

1. Kamu akan lebih gampang terkena penyakit flu akibat daya tahan tubuhmu yang menurun.

Coba kamu hitung, sudah berapa kali kamu mengalami flu akir-akhir ini? Flu yang kamu derita merupakan akibat dari menurunnya kekebalan yang ada didalam tubuh yang mengakibatkan virus dapat menyerang dan membuatmu sakit.  Kamu akan merasakan flu terutama ketika cuaca mudah berubah-ubah, misalnya dari musim panah ke musim dingin, dari musim panas ke musim hujan, dan sebagainya. Kurangnya berolahraga menyebabkan aliran darah tidak lancar dan mengakibatkan tubuh mengalami penurunan system kekebalan secara tidak langsung. Kamu akan merasakan mudah sekali lelah letih dan lesu serta tidak enak badan. Apalagi jika temanmu terserang flu maka aka nada kemungkinan kamu juga akan terserang penyakit flu.

“perasaan flu gue nggak kelar-kelar nih, ampe bosen gue”

“iya nih gue juga nggak sembuh-sembuh kena flu, perasaan gampang banget kena flu nih gue”

2. Berpikiran mempunyai jantung yang sehat padahal justru membuat jantungmu semakin lemah.

Salah satu manfaat melakukan olahraga adalah untuk dapat melatih jantung dalam memompa darah sehingga aliran darah yang ada didalam tubuh lebih lancar. Jantungmu akan berdetak lebih cepat ketika sedang melakukan gerakan-gerakan olahraga. Jantung berdetak lebih cepat sehingga bisa merangsang adanya pertukaran oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga asupan oksigen yang masuk cukup sesuai kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh kita. Dilansir dari Koran Kompas (17/04) dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2004 kepada 15.830 pria yang berusia 30-59 tahun. Menemukan fakta bahwa bagi mereka yang secara aktif melakukan aktivitas fisik lebih sedikit terserang penyakit jantung dan meninggal dunia. Penelitian ini dilakukan selama 20 tahun dan selalu dipantau secara berkesinambungan. 

Lain cerita jika kamu malas untuk berolahraga. Jantung akan tidak mampu untuk melakukan aktivitas yang berat karena kamu tidak membiasakan melatih jantungmu. Kamu akan merasakan kelelahan yang berlebihan saat melakukan aktivitas berat. Ditambah lagi asupan oksigen yang harusnya dapat kamu lakukan ketika berolahraga tidak dapat terpenuhi akibat kamu malas untuk melakukan olahraga.

3. Jika kamu ingin memiliki berat badan yang ideal, berolahraga justru akan membuat berat badanmu bertambah.

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari biasanya mengandung cukup banyak minyak dan lemak. Kelebihan lemak ini lalu disimpan dalam area tertentu dalam tubuh kemudian akan dijadikan cadangan energy untuk melakukan aktivitas. Efek samping dari proses tersebut membuat tubuh kita akan terlihat besar terutama di bagian paha, lengan, dan perut. Cadangan lemak ini bisa kamu hilangkan jika kamu melakukan gerakan-gerakan saat berolahraga.  Selain itu kalori yang terbakar ketika kamu berolahraga dapat membantu mengencangkan bentuk tubuh yang padat dan bergelambir. Namun jika kamu masih malas melakukan olahraga maka kamu harus siap akan menerima kenyataan bahwa lemak yang sudah ditimbun akan terus bertambah didalam tubuhmu. Bentuk tubuhmu juga akan perlahan-lahan berubah menjadi tubuh yang tidak proporsional. Lemak yang tertimbun banyak akan mengakibatkan kemungkinan kamu terkena obesitas atau bahkan penyakit jantung.

4. Kemungkinan bahaya penyakit osteoporosis siap menyerangmu kapanpun, bukan saja saat usia tua.

Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang memiliki tingkat kepadatan yang kurang serta adanya kemunduran struktur tulang sehingga tulang rentan sekali patah bahkan hancur. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa segala macam aktivitas fisik sangat berpengaruh terhadap tulang. Olahraga seperti berenang, berlari, berjalan kaki, bersepeda, bahkan menari sekalipun pada dasarnya sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang sehingga akan terlindung dari kemungkinan tulang patah dan keropos. Selain itu aktivitas olahraga dapat mengurangi kemungkinan kehilangan mineral dalam tulang seperti melindungi tulang dan memungkinkan menurunkan kemungkinan kehilangan mineral  akibat bertambahnya usia. Tetapi akibat kamu malas melakukan gerakan-gerakan olahraga membuat tulang yang ada didalam tubuh menjadi rentan rapuh, apalagi apabila kita tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium yang cukup yang dibutuhkan oleh tubuh.  Kondisi ini tidak akan terasa saat ini namun bisa saja kondisi ini bisa kamu rasakan saat di waktu yang tidak terduga. Bersiaplah.

5. Kemungkinan mengalami depresi semakin besar

Rasa lelah karena padatnya kegiatan yang kamu lakukan dalam setiap harinya membuat kamu cenderung mudah kesal dan marah apalagi jika yang dihadapi tidak sesuai dengan keinginan dan harapan.  Belum lagi jika pekerjaan yang kamu kerjakan tidak kunjung selesai dikerjakan dan terjadi banyak kesalahan didalamnya. Orang-orang sekitarmu akan merasa lebih baik menghindarimu karena sedang sensitive yang selalu meledak-ledak marah. Kamu akhirnya ingin berdiam diri dikamar untuk menenangkan diri dan enggan bertemu orang lain karena sedang tidak ingin adanya gangguan dari luar.

Hal tersebut akan diperparah ketika kamu malas untuk melakukan aktivitas berolahraga. Padahal dalam penelitian yang dilakukan oleh Sarah J, et al seperti yang di lansir dari NCBI (17/04) mengatakan bahwa melakukan kegiatan fisik seperti melakukan olahraga dapat mengurangi resiko gangguan depresi secara signifikan. Ketika kita melakukan olahraga maka hormon yang ada didalam tubuh akan dilepaskan. Hormon itu dipercaya dapat membuat kita merasa senang dan bahagia. Pelepasan hormon ini dapat membuat badan menjadi lebih segar bugar dan menurunkan tingkat stress yang akan kamu rasakan.  

Demikian penyakit yang akan diderita orang yang malas berolahraga. Rasa malas yang menginggapimu akan memberikan kerugian jika tidak kita lawan dengan melakukan olahraga sekarang juga. Rutinitas yang berantakan akan kamu hadapi jika tidak berolahraga karena badan tidak sehat akibat kurangnya berolahraga. Kamu harus melakukan bedrest karena tubuh tidak fit. Ayo olahraga sekarang juga!


7 komentar:

  1. Nice Post Gan ,,, Thanks For Info

    BalasHapus
  2. Thanks Infonya
    Kunjungi http://adasemua23.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  3. Ilmu yg bermanfaat gan, jadi lebih hati2 kalau baru liat postingan ini
    Kunbalnya gan http://karyakitabisa.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design