Cara Atasi Flu Tanpa Obat

cara atasi flu tanpa obat

Flu atau influenza merupakan infeksi virus pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru. Flu dapat mempengaruhi kerja hidung dan tenggorokan. Flu merupakan penyakit menular. Flu dapat menular dan menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain melalui berbagi cara seperti kontak langsung, berbagi minuman atau alat makan, bersin dan batuk. Anda harus hati-hati dengan virus flu. Biasanya, gejala yang timbul oleh penyakit ini adalah demam, badan menggigil, nyeri tenggorokan, sakit kepala, batuk, lelah dan tidak nyaman. Jika Anda terserang flu, Anda dapat mencoba beberapa tips atasi flu di bawah ini untuk mengobatinya secara alami.


1. Memperbanyak minum air putih

Air putih memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya membantu mengobati flu. Sebaiknya konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Minum air putih juga akan menjaga tenggorokan bersih. Pada saat flu, akan banyak cairan yang terbuang melalui ludah, ingus dan keringat. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk banyak minum air agar dapat mengganti cairan tubuh yang hilang.

2. Konsumsi minuman hangat

Selain memperbanyak minum air putih, sebaiknya Anda juga minum minuman yang hangat-hangat. Minuman hangat dapat mengurangi hidung yang mampet, melegakan tenggorokan yang sedang terganggu dan mencegah dehidrasi. Uap dari minuman yang panas akan membantu mengencerkan dahak. Jika Anda terserang flu, jangan lupa untuk minum yang hangat-hangat.

3. Istirahat Total

Saat tubuh lelah, kekebalan tubuh akan melemah. Flu akan mudah menyerang saat sistem kekebalan tubuh melemah. Saat Anda terserang flu, sangat disarankan untuk berhenti bekerja sementara waktu dan istirahat total. Hal ini dilakukan agar sistem kekebalan tubuh kembali lagi. Sistem kekebalan yang bagus dapat membantu penyembuhan.

4. Konsumsi Buah dan Sayuran

Asupan vitamin dan mineral sangat penting untuk membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan mengembalikan kondisi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mneral yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Gunakan Aroma Bawang

Bawang juga bisa dijadikan obat untuk atasi flu. Aroma Bawang-Bawangan bisa berfungsi sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan. Bawang dapat membantu membersihkan hidung. Caranya, ambil bawang dan pegang di bawah lubang hidung. Hirup aromanya selama kurang lebih 5 menit.

6. Terapi Uap

Penguapan adalah salah satu cara yang dipercaya dapat mengatasi flu. Caranya, siapkam baskom dan masukan air panas ke dalamnya. Tutupi kepala Andadenngan handuk. Tempatkan wajah di atas baskom. Untuk hasil yang lebih optimal, campurkan minyak kayu putih atau rempah-rempah.

7. Berkumur

Berkumur bisa menjadi salah satu solusi untuk atasi flu. Berkumur bertujuan untuk membantu membersihkan mulut agar virus penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. Berkumurlah dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam, kunyit atau jahe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design