Gejala Parkinson Bagi Penderitanya

Gejala Parkinson

Penyakit Parkinson menyerang seseorang dengan cara yang berbeda-beda. Perbedaan ini terbentuk akibat gejala-gejala yang dialami bisa bermacam-macam.
Pada awalnya gejala yang dirasakan cukup ringan dan bisa di abaikan. Akan tetapi gejala-gejala itu bisa terus berkembang sehingga berangsur-angsur membuat kondisi badan memburuk.


Gejala Parkinson Bagi Penderitanya




Beberapa gejala umum yang biasanya dialami oleh penderita penyakit Parkinson. Gejala tersebut meliputi: 




  • Tremor. Berupa gemetaran pada bagian tubuh tertentu yang tidak bisa dikendalikan. Gejala ini muncul pada satu bagian tubuh tertentu, terutama tangan dan jari. Gemetaran akan terjadi pada saat tubuh sedang dalam keadaan diam atau sedang berisirahat. Tremor merupakan salah satu gejala utama yang akan dirasakan oleh penderita penyakit Parkinson. 
  • Bradikinesia atau melambannya gerakan tubuh. Setelah menderita penyakit Parkinson yang cukup lama, penderita penyakit ini akan mengalami melambannya pergerakan menjadi lebih lambat dari biasanya. Bahkan melakukan aktivitas sederhana pun akan lebih sulit untuk dilakukan. Misalnya saja melangkah lebih pendek saat sedang berjalan dan mengalami kesulitan ketika akan bangkit dari posisi duduk.
  • Terjadi kekakuan pada otot atau rigiditas. Otot besar dan otot kecil akan terasa menjadi kaku dan tegang. Hal ini membuat ekspresi wajah dan gerakan tubuh menjadi sangat terbatas dan kadang-kadang akan merasakan sakit akibat kram otot.
  • Terjadinya gangguan pada keseimbangan badan. Penderita penyakit Parkinson akan mengalami gangguan keseimbangan sehingga lebih beresiko mengalami jatuh saat berdiri atau saat berjalan. 
  • Hilangnya kemampuan gerak spontanitas. Frekuensi gerakan-gerakan spontanitas yang biasanya tidak kita sadari akan perlahan demi perlahan menurun sehingga kita akan kehilangan gerak otomatis (spontan) tersebut. misalnya saja kedipan mata dan ayunan tangan saat sedang berjalan.
  • Terjadi perubahaan cara bicara. Perubahan cara bicara itu bisa saja menjadi lembut, lebih cepat, tidak jelas, atau merasa ragu sebelum ia berbicara.
  • Terjadinya depresi dan serangan kecemasan. Hal ini dikarenakan informasi bahwa belum ditemukannya obat untuk menyembuhkan penyakit Parkinson, maka kondisi ini membuat pasien merasa depresi dan khawatir akan masa depannya.
  • Susah tidur atau insomnia
  • Demensia. Gejala ini berarti penderita penyakit Parkinson tidak hanya mengalami gangguan pada ingatannya, namun akan terganggu juga pada kepribadiannya bahkan mengalami delusi dan halusinasi.
  • Hilangnya indera penciuman. Kondisi hilangnya indera penciuman ini biasanya akan muncul saat beberapa tahun sebelum gejala lain timbul.
  • Inkontinensi urin
  • Sakit saraf. Penyakit Parkinson ini bisa membuat penderitanya merasakan sensasi seperti rasa terbakar, kedinginan, dan mati rasa.
  • Konstipasi atau sembelit
  • Kesulitan ketika menelan makanan. Masalah kesulitan menelan makanan ini dapat menyebabkan penderita mengalami kekurangan asupan nutrisi dan terjadinya dehidrasi.



Baca Juga mengenai: Hebohnya Penyakit Parkinson Belakangan Ini


Perlu kita ketahui bersama bahwa penderita penyakit Parkinson tidak semua mengalami seluruh gejala diatas. Ada sebagian penderita penyakit Parkinson yang hanya mengalami atau menderita gejala ringan dan tidak mengganggu aktivitas keseharian mereka. Semoga kita dan keluarga bisa tetap sehat dan terbebas dari penyakit Parkinson ini. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design