Cara Mudah Sembuhkan Sakit Perut Saat Haid

Cara mudah sembuhkan sakit perut saat haid

Bagi seorang wanita yang sudah memasuki usia subur, setiap bulannya pasti akan mengalami siklus menstruasi. Nyeri pada saat menstruasi adalah hal yang biasa dialami oleh wanita. Tapi, jika rasa nyeri yang timbul terasa begitu menyiksa, maka  akan sangat mengganggu aktvitas. Nyeri haid disebabkan oleh kontraksinya sinsing rahim, sehingga pembuluh darah kejepit dan menyebabkan iskemi  jaringan. Ada beberapa cara sembuhkan sakit perut saat haid.



1. Kunyit asam

Kunyit asam adalah jamu tradisional yang dipercaya mempunya banyak sekali khasiat. Jamu ini dapat membuat badan menjadi segar dan meredakan rasa nyeri haid. Anda bisa membelinya di depot jamu atau menyeduhnya sendiri. Sekarang ini banyak di jual kunyit asam dalam bentuk serbuk. Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air panas, kemudian meminumnya. Anda juga bisa membuat kunyit asam sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang dapat dengan mudah dan murah dibeli di pasar. Caranya juga tidak susah. Anda hanya perlu memarut beberapa ruas kunyit, lalu beri sedikit air. Peras dan ambillah sarinya. Setelah itu, tambahlah asam jawa dan gula merah secukupnya. Rebus sampai emndidih dan angkat. Jamu kunyit asam bisa diminum selagi hangat untuk sembuhkan sakit perut saat haid

Kompres hangat

Jika Anda merasa nyeri haid yang tidak tertahankan, maka kompres hangat di bagian perut yang terasa nyeri. Kompres dapat dilakukan dengan menempelkan kantong karet atau botol yang diisi dengan air hangat. Anda juga bisa menggunakan handuk yang telah direndam pada air hangat. Pijatlah dengan lembut di daerah yang retasa nyeri. Kompres hangat bertujuan untuk membuat otot-otot disekitar perut menjadi lebih rileks dan melancarkan peredaran darah. Dengan begitu, maka rasa nyeri akan bisa berkurang.


2. Hindarilah memakai pakaian yang ketat

pakaian yang terlalu ketat akan mengganggu kenyamanan, terutama pada saat haid. Pakaian yang ketat akan membuat rasa nyeri semakin bertambah. Pakailah pakaian yang longgar sehingga nyaman dan tidak menggaggu gerak saat beraktivitas.

3. Istirahat yang cukup

Dengan istirahat yang cukup, maka tubuh akan terasa lebih bugar dan rileks. Tidur setidaknya 7 jam pada malam hari dan 1 jam pada siang hari. Dengan istirahat yang cukup, Anda bisa mengurangi rasa nyeri haid.

4. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi

Saat haid, wanita sangat rentan mengalami kekurangan sel darah merah. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi sangatlah dianjurkan bagi wanita yang sedang haid. beberapa contoh makanan yang mengandung zat besi adalah kacang-kacangan, bayam, hati ayam, dll. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan dan minum air putih banyak juga perlu untuk menghindari dehidrasi. Hindari minum soda dan kopi agar tidak memperparah rasa nyeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design