Cara Hilangkan Bisul Dengan Mudah


Cara hilangkan bisul yang mudah


Penyakit Bisul adalah salah satu penyakit yang lumayan dikenal di masyarakat. Tapi, masih banyak orang yang bingung atau belum bisa tepat dalam mengobati bisul. Ada orang yang mencoba memakai obat salep bisul, ada juga yang menggunakan daun-daunan. Bisul membuat sangat tidak nyaman bagi penderitanya karena rasa sakit yang ditimbulkannya. Bisul adalah benjolan pada kulit, berwarna kemerahan, terasa nyeri dan berisi nanah akibat infeksi bakteri. Bakteri yang masuk melalui pori-pori lalu menginfeksi akar rambut. Bisul dimulai dengan warna kulit yang memerah,setelah itu muncul benjolan yang terasa sakit. Benjolan ini akan semakin besar dan sakit. Pada akhirnya, benjolan akan pecah dan nanah mengalir. Ada beberapa cara hilangkan bisul.


Untuk bisul yang kecil, Anda bisa mengobatinya sendiri di rumah. Kompreslah bisul dengan kompres hangat. Tindakan ini akan membantu mencegah penyebaran dan infeksi sembuh lebih cepat. Tempelkan waslap yang hangat pada area bisul selama kurang lebih 15 menit beberapa kali dalam sehari. Cara ini juga akan membuat bisul cepat matang. Selain itu, cara ini dapat mengurang rasa nyeri yang timbul dan mempercepat penyembuhan. Anda harus mencuci tangan hingga bersih setelah melakukan langkah di atas. jangan lupa untuk mencuci waslap dan pakaian yang menyentuh bisul untuk mencegah bisul datang lagi. Usahakan untuk tidak memencet bisul Anda sendiri, karena dapat membuat penyebaran infeksi. 

Tetapi, jika bisul besar atau terletak pada dekat mata, wajah, hidung, atau dekat dengan tulang belakang maka perlu berobat pada dokter. Bisul yang memburuk dengan cepat juga memerlukan pertolongan dokter. Biasanya dokter akan melakukan incisi dan drainase. Incisi atau menyayat sedikit ujung bisul dengan pisau steril bertujuan untuk memberi jalan nanah dan jaringan yang sudah mati supaya mudah keluar(drainase). Dengan begitu, jaringan yang sudah membusuk dapat dibersihkan sehingga bisul dapat sembuh dengan tuntas. Jika luka bisul tergolong parah, maka luka tidak akan langsung ditutup rapat. Sayatan akan dipertahankan dan diberi alat khusus yang steril. Untuk beberapa kasus, dokter akan memberikan obat antibiotik baik yang diminum atau salep.  Biasanya obat salep ditujukan pada bisul yang masih keras.

Salep yang populer yaitu Salep Ichtyol. Salep ini mengandung ichtammolum 10% yang berfungsi sebagai antibakteri, antifungi dan anti-inflamasi, sehingga efektif untuk mengobati bisul yang ringan. Oleskan saja salep secara tipis di sekitar bisul 2 sampai 3 kali dalam sehari. Jangan terlalu berlebihan ketika memakainya karena dapat menimbulkan iritasi. Begitulah cara hilangkan bisul. Ketika bisul telah sembuh, tetap lakukan langkah sebagai pencegahan agar tidak muncul bisul lagi. Sebagai langkah lanjutan untuk mencegah, cucilah tangan setelah menggunakan kamar mandi dan sebelum makan. Rajin mandi agar kulit bebas dari bakteri. Mencuci pakaian, handuk dan seprei secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design