kenali Cara Sehat Berolah Raga


Kenali cara sehat berolah raga

Agar tubuh kita sehat, tentunya makanan yang kita makan harus seimbang dengan aktivitas fisik. Jika kita makan makanan yang banyak mengandung kalori, tetapi jarang melakukan aktivitas yang berat, maka kelebihan energi akan tersimpan sebagai cadangan lemak. cadangan lemak yang semakin menumpuk akan menyebabkan kegemukan. Salah satu cara agar tidak mengalami kegemukan adalah berolahraga. Berolah raga yang baik tidak dilakukan dengan asal-asalan. Ada beberapa cara sehat berolah raga. Dengan cara berolah raga yang benar, anda bisa mendapat tubuh yang bugar. Anda juga bisa meminimalkan terjadinya cedera.


a. Olahraga sebaiknya dilakukan di area udara terbuka yang bebas polusi. Kalau tidak, lakukan di ruang tertutup dengan temperatur ruangan yang dapat diatur. Pilihlah lokasi yang nyaman untuk Anda.

b. Pilihlah jenis olahraga yang nyaman untuk Anda. Melakukan sesuatu yang Anda senangi akan membantu Anda tetap mengikuti program. Anda bisa memilih yoga, bersepedaa, berlari atau olahraga yang lainya. Tentukan dosis olahraga yang aman dan cocok bagi Anda.

c. Gunakan sepatu dan pakaiaan olahraga yang nyaman dan sesuai. Supaya tidak membosankan dan monoton, olahraga bisa dilakukan secara bervariasi.

d. Sebelum memulai olahraga, selalu lakukan pemanasan. Pemanasan sangatlah penting. Sebelum mulai olah raga, otot-otot harus dipersiapkan terlebih dahulu. Pemanasan juga dapat mengurangi resiko cedera saat olahraga. Lakukan pemanasan selama 5-10 menit dengan gerakan perlahan.

e. Frekuensi olah raga juga hal yang penting. Yang paling baik adalah 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Namun, harus dilakukan dengan teratur. Agar lebih terprogram, Anda bisa membuat catatan waktu olahraga. Terlebih lagi bagi Anda yang sibuk, sehingga kadang lupa untuk berolah raga.

f. Perhatikan intensitas ataau besarnya upaya yang Anda lakukan. Sebaiknya Anda berolahraga sampai berkeringat. Usahakan tidak timbul rasa yang kurang nyaman. Lebih baik lagi, anda bisa meningkatkan denyut jantung hingga 60-80% dari normal.


g. Waktu olahraga juga menentukan. Jika Anda melakukan olah raga selama 30 menit, maaka hasilnya akan sama dengan yang dilakukan 10 menit 3 kali dengan intensitas yang tidak berbeda.

h. Setelah selesai olahraga inti, lakukanlah pendinginan. Pendinginan merupakan salah satu cara sehat berolah raga. Setelah olahraga berat dan berhenti dengan tiba-tiba, Anda dapat mengalamikaku otot, pusing bahkan bisa pingsan. Pendingan dapaat dilakukan dengan peregangan lambat atau berjalan selama 5-10 menit.

i. Setelah selesai berolahraga, jangan langsung makan yang kenyang. Jika ingin makan,  makanlah makanan yang lunak seperti bubur kacang hijau. Sebaiknya, Anda menunggu satu jam sebelum makan makanan yang berat. Minumlah secukupnya. Air tambahan akan membantu menggantikan cairan yang hilang. Minum kola, teh, coklat, atau kopi justru menghilangkan cairan tubuh. Jika Anda banyak berkeringat, jangan langsung mandi. Ganti pakaian olahraga jika terlalu basah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design