5 Tips Supaya Diet Kamu lebih Sehat Dan Menyenangkan

Mempunyai berat badan yang ideal adalah impian setiap orang. Biasanya kita ingin terlihat lebih cantik, lebih segar bugar, ataupun karena tuntutan pekerjaan sehari-hari yang mengaharuskan kita untuk tampil terus ciamik. Terkadang sering kita lihat ada teman yang melakukan diet mati-matian sampai tidak makan berhari-hari dengan menerapkan jenis diet ekstrim tertentu.

Kita akan melihat mereka bersusah payah demi menurunkan berat badan yang menurut kita justru hal tersebut adalah sesuatu yang mengerikan serta menyusahkan diri. Parahnya lagi, ada beberapa yang harus berbaring dirumah sakit akibat diet yang begitu berat dilakukan. Dalam hal ini kami ingin mencoba mengorek kembali bagaimana tips yang sehat ketika sedang melakukan diet. Sehingga walaupun kita melakukan diet tetap aman dan menyenangkan. 

1. Sarapan pagi, sarapan pagi merupakan hal yang wajib dilakukan dan tidak boleh dilupakan.

Biasanya kesibukan yang padat menjadi alasan utama untuk melupakan sarapan pagi. Akibatnya tubuh melakukan aktivitas tanpa asupan yang masuk ke dalam tubuh karena sudah melupakan sarapan pagi.

“Biar kurus sob, makanye makanan gue kurangin”

“Yakin bias kurus???”

Dalam situs Livingwell (06/04), Dr. Mark Pereira dari Harvard Medical School dalam sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang sarapan pagi secara rutin akan jauh lebih sehat dibandingkan dengan yang tidak melakukannya.  Riset mereka menyimpulkan bahwa meninggalkan kebiasaan sarapan pagi dapat meningkatkan resiko terkenanya penyakit obesitas, diabetes, dan serangan jantung. Orang yang terbiasa melakukan sarapan di pagi hari lebih kecil kemungkinannya menderita obesitas dibandingkan orang yang tidak sarapan pagi.
Sarapan siap saji dengan oat

Seseorang yang tidak melakukan sarapan dipagi hari akan cenderung menambah porsi makan ketika makan di siang hari. Jadi sempatkanlah sarapan pagi meskipun hanya dengan sepotong roti maupun telur goreng,  atau bila kamu tidak mau repot bisa mencoba sarapan dengan mengkonsumsi makanan siap saji seperti oat ditambah dengan taburan abon yang lezat.  Setelah sarapan, anda bisa melakukan aktivitas dengan semangat karena badan sudah diberi asupan yang cukup tanpa takut akan merasa lemas ataupun membayangkan makanan saat rasa lapar mulai terasa. 

2. Berpikirlah bahwa nasi adalah musuh utamamu. 

Kamu bisa menggantinya dengan sumber karbohidrat lain yang lebih tinggi kandungan serat dan menyehatkan untuk badan.  Seperti umbi-umbian.

“Sorry sob, gue lagi diet jadi gak makan nasi”

Biasanya diet selalu identik dengan tidak mengkonsumsi nasi atau mengurangi porsinya. Sedangkan tubuh kita membutuhkan asupan karbohidrat dalam jumlah tertentu agar tubuh dan otak bisa bekerja dengan maksimal. Mau makan karbohidrat tanpa adanya rasa penyesalan? Ganti saja nasi mu dengan gandum atau umbi-umbian yang lebih sehat dan tinggi seratnya.

Gandum dan umbi-umbian mempunyai kandungan karbohidrat kompleks sehingga lebih lama di cerna oleh tubuh dan membuat rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan nasi. Sereal gandum ataupun kentang rebus bisa dijadikan alternative pilihan sebagai pengganti nasi yang tidak akan membuatmu merasa menyesal dan tetap merasa kenyang dan sehat

3. Diet itu mengatur pola makan, hilangkanlah paradigma bahwa diet adalah melewatkan jadwal makanmu.

Pola makan teratur, jadwal makan harus jelas dan hindarilah ngemil. Diet adalah istilah dalam mengatur pola makan. Kamu tidak perlu mengurangi apalagi melewatkan jam makammu demi mengatakan bahwa kamu sedang melakukan diet. Makanlah seperti biasa. 

“Maaf lagi diet nih, gue nggak mau makan siang ah” (Padahal sebenernya laper banget)

Justru disini kamu dibolehkan makan normal yaitu tiga kali sehari sesuai dengan jadwal makan biasanya.  Makan dengan porsi yang sesuai dengan jadwal makan seperti biasanya akan membuat kita mengurangi keinginan untuk ngemil yang tidak terkontrol. Makan yang sesuai jadwal normal dengan teratur akan membuat tubuhmu tidak akan merasa lapar kecuali di jam makan dan akan mengurangi keinginan untuk makan diluar jam makan. Selain itu, makan sesuai jadwal akan makan akan mengurangi resiko terkena maag atau hipoglikemi (kekurangan glukosa dalam tubuh yang membuat kamu merasa lemah letih lesu seperti ingin pingsan).

4. Usahakan makan sayur dan buah setiap harinya.

Sayur dan buah-buahan mengandung lebih sedikit kalori dan mempunyai banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral. Selain itu, sayur dan buah mengandung cukup serat yang dapat melancarkan system pencernaanmu. Kamu dapat menambah porsi sayur dan buah di dalam menu makananmu tanpa takut akan membuatmu gemuk.

Buah dapat menjadi alternative cemilan yang sehat, terutama bagi kamu yang mempunyai kebiasaan nyemil dan tidak bisa keluar dari kebiasaan nyemil. Buah akan menjadi penyelamat bagi kamu yang tidak tahan ingin nyemil. Buah mengandung nutrisi dan gula alami yang lebih .sehat dibanding dengan cemilan lainnya yang biasa kamu konsumsi.

5. Jadikanlah air putih sahabat dalam setiap kegiatan atau aktivitas keseharianmu.

Ketika aktivitas padat dan kamu akan merasa lemas dan haus, minuman yang di jual di minimarket ataupun warung-warung es terdekat begitu menggoda saat kamu butuh asupan minum, akhirnya kamu memutuskan untuk minum minuman manis dengan alasan lebih segar dan nikmat jika di nikmati di siang hari. 

Padahal minuman yang manis dalam kemasan biasanya mengandung banyak gula. Memang, minuman manis tidak mengandung lemak tetapi asupan gula yang lebih dapat membuat dietmu gagal. Di lansir dari Guardian (06/04), Action on Sugar melakukan riset dan menyimpulkan bahwa minuma jus buah yang dikemas dalam kaleng yang di jual di minimarket ternyata mengandung kandungan gula satu setengah kali lipat lebih banyak dibandingkan minuman bersoda. Jika di konsumsi dalam jumlah yang banyak, maka gula tersebut akan tertimbun dalam tubuh sehingga berdampak tidak sehat. Sedangkan air putih tidak mengandung gula sama sekali sehingga sehat untuk di konsumsi serta mudah di dapatkan dimanapun. 

Hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengubah kebiasaan membeli minuman manis diluar yaitu dengan membawa minuman air putih sendiri dalam botol dan dibawa kemanapun kamu pergi. Jika kamu haus, kamu bisa langsung mengkonsumsi air putih tanpa tergoda dengan minuman kemasan botol dengan kandungan gula manis yang tinggi. Lebih sehat dan murah kan?

Jadi kesimpulannya diet itu bukan menghindari makan tapi mengatur pola makan agar lebih teratur. Selamat menjalani diet dengan lebih sehat dan menyenangkan tanpa takut resiko kesehatan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design