Tahu lebih banyak tentang cara pijet yang benar dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh

Tahu lebih banyak tentang cara pijet yang benar dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh

Pijat sering sekali dilakukan untuk mengobati bagian-bagian tubuh yang terasa pegal, nyeri, atau terkilir. Sekarang ini, banyak sekali ahli pijat, baik pijat tradisional maupun pijat modern. Rajin pijat ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Selama ini, pijat sering dianggap hanya sekedar untuk melemaskan otot-otot yang tegang. Tapi ternyata, pijat merupakan suatu investasi bagi kesehatan yang sangat berguna jika dilakukan dengan benar dan rutin. Apakah Anda sudah tahu cara pijet yang benar dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh?


Berikut ini adalah langkah untuk pemijatan tubuh yang benar:


1. Pemijatan seharusnya menggunakan telapak tangan dan terarah. Mulai dari belakang ke depan lalu memutar dengan arah yang benar.

2. Pijat mulai dari punggung bagian bawah ke atas, kemudian ke arah bahu.

3. Setelah selesai, pijat bagian kaki dan paha dengan gerakan seperti langkah pertama. kaki dan paha biasanya membutuhkan perhatian yang ekstra karena merupakan bagian tubuh yang paling tegang.

4. Lakukan pengusapan menggunakan minyak aromatherapy secara menyeluruh untuk memberikan kenyamanan.


Adapun beberapa manfaat dari pijat, yaitu:

1. Mengurangi kelelahan
Pijatan-pijatan yang dilakukan pada otot yang tegang akan merangsang otak untuk melepas rasa lelah. Pijatan juga memberi sensasi lebih bebas.

2. Mengeluarkan racun
Pijatan-pijatan dapat membuat meningkatnya kemampuan kelenjar getah bening dan darah dalam memberi suplai oksigen ke selutuh tubuh dan kemudian mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

3. Mengurangi rasa sakit
Pijat dapat mengurangi tegang pada otot leher dan bahu. Pijat juga bisa mengurangi rasa nyeri pada sendi dan migrain.

4. Fungsi organ tubuh lebih maksimal
Pijatan akan menyehatkan kulit. Manfaatnya juga akan dirasakan oleh organ dalam sehingga fungsinya menjadi lebih optimal.

5. Kesehatan lebih terjaga
Rajin pijat akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas, peredaran darah akan semakin lancar, ketegangan otot-otot berkurang, dan sistem kekebalan tubuh akan meningkat sehingga kesehatan tubuh akan lebih terjaga.

6. Postur tubuh akan lebih ideal
Pijat sangat berguna untuk kesehatan tulang belakang dan otot-otot yang ada disekelilingnya akan menjadi lebih lentur. Tentunya, hal tersebut akan membuat postur tubuh menjadi lebih baik.

7. Pernafasan menjadi lebih sehat
Saat dipijat, tubuh akan bernafas lebih dalam dan pelan. Menarik nafas dalam-dalam lalu mengeluarkannya secara perlahan akan mempermudah peredaran oksigen ke seluruh tubuh ssehingga akan membuat sehat sistem pernafasan.

8. Persendian menjadi tidak kaku
banyaknya aktivitas akan membuat banyak gerakan pada sendi. Pijat dapat mengurangi ketegangan pada sendi dan dapat mengembalikan lagi kelenturannya setelah tubuh beristirahat. Pijat rutin juga dapat memulihkan persendian yang sakit.
Itulah ulasan mengenai cara pijet yang benar dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design