Cara Menyembuhkan Gigi Bengkak Dengan Alami


Cara menyembuhkan gigi bengkak dengan alami


Gusi bengkak tentu sangat menyiksa dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Gusi bengkak atau Gingivitis adalah infeksi dan peradangan yang terjasi pada jaringan gusi. Asal dari infeksi adalah bakteri yang ada di rongga mulut yang menginfeksi gigi, kemudian mengeras dan menjadi karang gigi. Gusi bengkak ditandai dengan kemerahan dan bengkaknya jaringan gusi, nyeri pada gusi, terjadi perdarahan saat sikat gigi, rasa tidak enak di mulut dan bau mulut. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab gusi bengkak, seperti kurang terjagannya kebersihan mulut, konsumsi makanan manis yang berlebihan, mengkonsumsi makanan kurang sehat, alergi, infeksi dalam gigi dan gusi, pemakaian kawat gigi yang terlalu rapat dan kurangnya vitamin C. Ada beberapa cara menyembuhkan gigi bengkak secara alami yang bisa Anda lakukan.


1. Berkumur dengan daun sirih


Daun sirih juga bisa meredakan gusi bengkak. Caranya, ambillah 10 helai dau sirih kemudian campur dengan kunyit dan garam secukupnya saja. Masukkan bahan-bahan tersebut dalam 500cc air dan rebus hingga mendidih. Setelah itu, saring airnya dan minum atau gunakan untuk berkumur.

2. Berkumur dengan air garam


Air garam mengandung antiseptik yang bagus untuk meredakan gusi bengkak dan melawan kuman. Garam mempunyai kemampuan alami untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut dan gusi. Anda bisa berkumur dengan air garam 2-3 kali sehari yang kemudian berkumur degan air bersih. Lakukan langkah ini dengan teratur.

3. Berkumur dengan baking soda


Untuk mengurangi rasa sakit akibat bengkaknya gusi, Anda juga bisa berkumur dengan  baking soda. Air kumur baking soda ini dapat mengurangi rasa sakit pada gusi dan dapat mencegah penyebaran bakteri yang menyebabkan pembengkakan gusi.


4. Minyak cengkih dan lada hitam


Minyak cengkih dan lada hitam merupakan bahan yang dipercaya dapat mengatasi gusi bengkak. Caranya tidaklah susah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak cengkih dan lada hitam pada gusi yang bengkak. Tindakan ini akan meredakan rasa nyeri akibat pembengkakan.

5. Merubah pola makan


Rubahlah pola makan untuk mengatasi gusi yang membengkak. Agar gusi bengkak cepat sembuh, hindari untuk  mengkonsumsi makanan yang bisa menempel pada gigi atau gusi. Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C.

6. Sikat gigi dengan teratur dan rutin


Menyikat gigi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut. Jika sudah sembuh dari gusi bengkak, Anda harus rajin menggosok gigi untuk mencegah terjadinya gusi bengkak lagi. Gosoklah gigi minimal 2 kali dalam sehari.

Apabila beberapa cara menyembuhkan gigi bengkak di atas tidak dapat menyembuhkan gusi bengkak yang Anda serita, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter gigi. Pada beberapa kasus, gusi bengkak memang membutuhkan perawatan dokter.

1 komentar:

  1. wah sangat membantu ka kebetulan saya sering ngalamin kaya gitu :D
    ohiyah ka tolong bantu komen blog saya dong buat penilaian di sekolah. makasih:)

    BalasHapus

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design