Tips Menghilangkan Kebiasaan Merokok


Tips menghilangkan kebiasaan merokok 


Sudah kita ketahui bahwa merokok dapat mengganggu kesehatan tubuh. Bahkan sekarang ini, bungkus rokok telah dilengkapi dengan peringatan dan gambar penyakit yang akan diakibatkan oleh rokok. Namun, masih banyak saja orang yang tetap merokok. Bagi pecandu rokok, berhenti merokok seperti suatu hal yang mustahil. Bagi mereka, merokok tidak hanya lagi sebagai kebiasaan tapi sebuah kebutuhan. Rokok telah mengakar sebagai candu dalam tubuh banyak orang, sehingga tak mudah untuk meninggalkannya. Namun, harus diingat bahwa masih ada banyak kemungkinan untuk bisa berhenti merokok. Berikut ini beberapa tips menghilangkan kebiasaan merokok.

cara menghentikan merokok

1. Bulatkan Niat Anda


Hal yang paling penting memulai sesuatu adalah niat. Jika Anda ingin berhenti merokok, Anda harus membulatkan tekad dan niat. Awalilah niat dan tekad dengan berdoa kepada Allah, Dzat yang Maha membolak-balikkan hati. Temukan tujuan mengapa dan untuk siapa Anda berhenti merokok. Ada beberapa alasan yang bisa Anda gunakan, seperti: untuk kesehatan dan hemat uang. Sudah banyak sekali fakta bahwa merokok dapat mengakibatkan penyakit ganas yang mematikan. Semakin cepat Anda mengakhiri kebiasaan merokok maka organ tubuh yang rusak karena rokok bisa pulih kembali. Dengan berhenti merokok Anda juga akan bisa lebih menghemat uang. Anda bisa menggunakan uang untuk hal yang lebih bermanfaat.

2. Rubahlah Mindset Anda


Para pecandu rokok selalu berfikiran bahwa berhenti merokok itu hal yang sangat sulit. Oleh karena itu, mindset ini harus dirubah. Tanamkan dalam pikiran bahwa Anda bisa menghentikan kebisaan merokok. Coba nda berfikir bahwa merokok membawa banyak kerugian dibandingkan manfaat. Akan ada banyak pihak yang terkena imbas dari kebiasaan merokok Anda, termasuk keluarga yang Asnda sayangi.


3. Minta bantuan keluarga dan teman


Anda perlu memberitahu keluarga dan teman jika ingin berhenti merokok. Dukungan dari mereka akan sangat membantu Anda agar cepat bisa berhenti merokok. Dengan adanya banyak dukungan, maka Anda akan semakin termotivasi untuk segera bisa berhenti merokok. Mintalah mereka untuk mengingatkan setiap kali Anda ingin merokok. Mintalah juga kepada teman atau keluarga yang pecandu rokok agar tidak merokok dihadapan Anda.

4. Buatlah target waktu


Setelah memutuskan untuk berhenti merokok, buatlah target waktu untuk bisa benar berhenti merokok. Mungkin Anda tidak akan bisa berhenti dengan dadakan begitu saja. Itu adalah hal yang sangat sulit dan menyiksa. Anda bisa memulai dengan perlahan dengan mengurangi sedikit demi sedikit, namun Anda harus mempunyai target waktu.
5. Hindari kebiasaan untuk memancing rasa ingin merokok
Hindarilah beberapa kegiatan yang bisa memancing keinginan ingin merokok, seperti begadang, minum alkohol, atau minum kopi. Ini adalah haal penting dalam tips menghilangkan kebiasaan merokok.


6. Mengganti rokok dengan makanan yang lain


Biasanya orang merokok setelah makan. Gantilah rokok dengan makanan lain seperti: perment karet atau coklat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design