Ciri Wanita Sedang Hamil Muda

Ciri Wanita Sedang Hamil Muda

Kehamilan adalah sebuah saat dimana seorang wanita mengandung sebuah embrio di dalam rahimnya. Bagi pasangan suami isteri yang sudah di satukan dengan ikatan pernikahan, kehamilan adalah saat yang paling banyak di tunggu dan paling banyak di harapkan, meskipun bagi sebagian lain justru saat kehamilan ada yang sengaja menundanya karena alasan tertentu, misalnya saja karena pasangan muda tersebut belum siap mempunyai anak, pasangan muda tersebut belum bisa menafkahi atau masih merasa takut tidak dapat memenuhi kebutuhan anaknya kelak, ada juga yang beralasan karena sedang asik-asiknya mengejar karir di pekerjaan yang ia jalani sehingga mereka (suami isteri) bersepakat menunda kehamilan tersebut. Kehamilan begitu dinanti sehingga momen ini membuat penasaran sehingga pasangan suami isteri biasanya langsung mencari tahu dengan memeriksanya ke dokter kandungan, dengan melakukan test yang dilakukan seperti tes di usg dan sebagainya. Seperti apa sebenarnya kehamilan itu bisa terjadi? Apa ciri-ciri wanita hamil muda itu?

Guna menambah pengetahuan anda tentang ciri-ciri wanita yang sedang hamil, berikut ini kami akan jelaskan beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang biasanya terjadi pada wanita hamil.

1. Bentuk payudara menjadi bengkak dan lembut

Nyeri dan kesemutan dibagian payudara seorang wanita merupakan ciri yang paling umum dirasakan oleh wanita yang sedang dalam keadaan hamil. Di awal masa kehamilan, payudara seorang wanita akan berubah bentuk dan akan lebih berisi karena untuk mempersiapkan diri dalam menghasilkan ASI, proses ini terjadi secara alami dan selalu terjadi pada wanita-wanita hamil pada umumnya. Payudara akan menjadi sangat sensitif dan sangat lembut beberapa bulan. Namun perlu di ketahui bahwa menurut ahli laktasi, yaitu Teresa Pitman, mengatakan bahwa tidak semua wanita dapat mengalami perubahan ini, terutama bagi wanita yang sudah menggunakan pil KB. Selain perubahan payudara yang membengkak, perubahan lain juga akan terjadi pada area aerola warnanya menjadi gelap.

2. Adanya perubahan bentuk pada tubuh saat wanita sedang hamil

Perubahan fisik yang terjadi pada wanita hamil tidak hanya terjadi pada perut yang membesar namun juga terjadi pada daerah lain seperti bokong, paha, dan juga dada, serta perubahan bisa terjadi pada lengan yang biasanya mengalami pembengkakan. 

3. Buang air kecil makin sering dan konstipasi

Pada saat hamil, janin yang terdapat di dalam perut akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil akan semakin bertambah. Kandung kemih tersebut akan lebih dipengaruhi urine dan sehingga keinginan untuk membuang air kecil lebih sering.

4. Mudah sekali merasa lelah

Di awal kehamilan seorang wanita akan merasakan badan mudah lelah. Rasanya anda ingin bermalas-malasan di tempat tidur dan cenderung manja. Hal ini terjadi secara alami karena tubuh anda sedang menyesuaikan diri dengan adanya penghuni baru didalam perut anda. Terjadinya peningkatan hormone progesterone juga sering di hubungkan dengan tanda keempat ini. Anda akan merasakan mudah lelah karena kadar gula dan tekanan darah yang ada di dalam tubuh anda akan menurun.

5. Mual (Morning Sickness)

Mual merupakan gejala kehamilan yang paling umum dirasakan oleh wanita yang sedang hamil. Rasa mual terjadi akibat adanya peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormone HCG menimbulkan efek pedih pada lapisan perut sehingga dapat menimbulkan rasa mual. Biasanya rasa mual tersebut akan pergi dengan sendirinya ketika anda memasuki trimester kedua masa kehamilan anda. Selain merasa mual, anda juga akan merasa lebih sensitif pada bau yang ada di sekitar anda. Sejumlah peneliti menduga bahwa gejala ini merupakan gejala alami yang dirasakan oleh wanita hamil agar tidak sembarangan memakan makanan yang dapat membahayakan janin bayi yang ada di dalam tubuhnya. Makanan yang membahayakan disini seperti makanan yang mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan bayi dan ibu hamil.

6. Terlambat datang bulan atau terlambat haid.

Terlambatnya haid merupakan tanda kehamilan yang paling jelas dan dialami semua wanita hamil. Namun perlu diingat bahwa tidak semua keterlambatan datang bulan/haid bisa dikatakan sebagai tanda kehamilan seorang wanita, anda bisa saja telat haid dikarenakan sedang merasakan stress, diet atau gangguan yang terjadi pada hormon. Selain itu, beberapa wanita akan mengalami pendarahan atau spotting (timbul bercak darah). Saran kami segeralah berkonsultasi ke dokter jika hal ini terjadi agar anda bisa mencari solusinya. 

7. Terjadi perubahan mood.

Wanita yang sedang hamil biasanya memiliki mood yang sangat mudah berubah. Bisa saja suatu waktu anda sangat merasa bahagia, namun beberapa waktu kemudian anda tiba-tiba ingin marah kepada suami hanya karena hal yang sepele. Anda tidak perlu khawatir tentang perubahan mood ini karena ini adalah normal. Mood ini dapat dengan mudah berubah akibat terjadinya perubahan pada hrmon secara drastis di dalam tubuh anda. Apabila anda belakangan ini merasakan hal tersebut, ini merupakan hal yang wajar dan normal karena tubuh anda sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran hormon baru.

8. Munculnya bercak darah atau flek

Bercak darah ini biasanya akan muncul sebelum menstruasi yang akan datang. Biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini terjadi akibat terjadinya implantasi (implantation bleeding) atau nempelnya embrio pada dinding Rahim. Terkadang munculnya bercak darah pada saat hamil kadang di salah artikan sebagai menstruasi. 

9. Kram di bagian perut

Keluarnya darah biasanya juga di ikuti oleh kram di bagian perut. Kram dibagian perut saat dalam kondisi hamil akan terjadi secara teratur. Dan kondisi kram ini akan terus dirasakan sampai pada masa kehamilan trimester kedua. Sampai letak uterus posisinya berada di tengah dan di sangga oleh pinggul.

10. Pusing dan Sakit Kepala (Headaches)

Gangguan pusing atau sakit kepala yang di rasakan oleh ibu hamil biasanya di sebabkan karena factor fisik, rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah rendah. Sedangkan sebab dari perasaan emosional disebabkan oleh adanya rasa tegang dan depresi. Selain itu pasokan darah yang mengalir keseluruh tubuh juga mengakibatkan kepala menjadi pusing terutama saat ibu hamil berubah posisi.

11. Sembelit

Terjadinya sembelit pada ibu hamil dikarenakan adanya peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-ott Rahim juga berdampak pada mengendurnya pada otot dinding usus sehingga menimbulkan sembelit atau susah buang air besar.  Namun ada keuntungan yang bisa dirasakan pada kondisi ini yaitu adanya penyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.

12. Sering meludah (hipersalivasi)

Tanda kehamilan adanya keinginan untuk meludah ini terjadi akibat pengaruh adanya perubahan hormon estrogen, biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama. Kondisi ini akan menghilang dengan sendirinya saat memasuki masa kehamilan trimester kedua
.
13. Naiknya temperature basal tubuh

Jiak kehamilan terjadi atau ovulasi, maka suhu basal pada tubuh ibu hamil akan meningkat. Konsisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi seperti sebelumnya yaitu kondisi sebelum terjadinya ovulasi. 

14. Sakit punggung

Pada saat sebelum hamil anda tidak merasa sakit punggung namun jika anda dalam kondisi hamil biasanya anda akan merasakan sakit punggung. Kondisi ini akan terus anda rasakan dan menetap hingga anda melahirkan. 

15. Ngidam atau menolak makanan tertentu

Tanpa alasan yang jelas kadang-kadang anda menginginkan makanan tertentu, yang bisa jadi sebelumnya makanan tersebut adalah makanan yang anda benci atau bukan menjadi makanan favorit anda. Atau sebaliknya anda tiba-tiba benci dengan makanan yang selama ini menjadi makanan favorit anda. 

16. Sensitif pada bau

Kadang-kadang anda tidak tahan dengan bau makanan tertentu. Aroma yang tercium menurut anda sangat mengganggu walaupun sebelum hamil itu merupakan makanan kesukaan anda. Saking tidak tahan menahan bau tertentu anda bisa merasa mual dan muntah.

17. Gejala PMS

Anda akan merasakan gejala PMS seperti yang biasa anda rasakan setiap bulan. Perut menjadi kembung, sakit pinggang, nyeri pada payudara, bahkan nafsu makan menjadi meningkat. Tapi kok belum juga haid ya?

18. Positif test kehamilan

Hasil uji yang dilakukan dengan menggunakan alat tes urin yaitu test pack menunjukan tanda positif. Apakah itu benar menandakan bahwa anda sebagai wanita hamil? Benlum tentu! Anda akan baru mendapat jawaban yang akurat apabila anda memeriksanya langsung ke dokter kandungan.

19. Ada janin yang berkembang di Rahim ibu hamil

Pemeriksaan USG menunjukan adanya titik-titik kecil yang bergerak di dalam kantung kehamilan? Selamat! Jaga perkembangan si kecil hingga tiba waktunya bersalin ya. Berbahagialah!

Poin-poin diatas merupakan gejala awal kehamilan yang umum dirasakan oleh seorang wanita yang sedang hamil muda. Namun tentu saja tidak semua wanita mengalami hal tersebut. untuk memastikan keakuratan kehamilan anda, silahkan hubungi dokter kandungan atau bidan terdekat anda.

1 komentar:

  1. mampus,gebetan lagi ada gejala PMS :v
    Moga aja bukan hamil deh :'v

    BalasHapus

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design