Mengobati Pusing Kepala Tanpa Obat

mengobati pusing tanpa obat


Pusing dapat disebabkan oleh berbagai hal. Terlewatkannya waktu makan, dehidrasi, banyaknya konsumsi kafein, dan stres juga dapat menyebabkan pusing. Tentunya, pusing sangatlah menggangu. Beberapa aktivitas anda bisa tertunda. Mungkin beberapa orang memilih untuk segera mengonsumsi obat pereda pusing. Tapi, banyak pula orang yang enggan cepat-cepat mengonsumsi obat. Jika Anda ingin meredakan pusing tanpa obat, berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati pusing yang bisa Anda coba sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat.

1. Beristirahatlah di tempat yang tenang. 

Cobalah untuk berbaring dengan rileks selama beberapa waktu. Anda bisa menutup pintu dan mematikan lampu agar suasana menjadi hening. Jika ada keluarga atau teman disekitar Anda, mintalah mereka untuk tenang. Aturlah suhu ruangan yang bisa membuat anda nyaman. Pastikan tempat tidur Anda nyaman dan atur posisi badan hingga tidak menyebabkan ketegangan leher.

2. Berendam di air hangat

Berendam di air hangat akan membuat Anda menjadi lebih rileks. Dengan begitu, Anda bisa menghilang rasa pusing.

3. Minum banyak air

Dehidrasi dapat juga menyebabkan pusing. Minumlah segelas air setelah kepala Anda mulai terasa sakit. Biasakan untuk cukup minum setiap hari. Setidaknya minum 8 gelas setiap hari. Hindari minum minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi, seperti alkohol, kopi dan minuman dengan pemanis.

4. Kerok atau pijit

Kerok merupakan cara tradisional untuk mengobati pusing. Jika Anda tidak suka tergesa-gesa untuk minum obat, kerok bisa menjadi al;ternative yang bagus. Pijit juga dapat membuat rileks otot-otot yang tegang. Otot yang tegang akan membuat peredaran darah menjadi tidak lancar. Peredaran darah yang tidak lancar akan menyebabkan pusing. Jadi, pijit juga akan membantu meredakan pusing.

5. Menggunakan kompres dingin

Menempatkan sesuatu yang dingin di atas dahi dapat membantu mengurangi rasa sakit di kepala karena dingin dapat menyempitkan pembuluh darah. Kompres dingin akan bekerja optimal jika dipusatkan pada pelipis. Anda bisa mengunakan kain lap yang dibasahi air dingin. Jika terasa tidak dingin lagi, rendam lagi pada air dingin.

6. Memakan Kentang

Selain disebabkan oleh dehidrasi/kekurangan cairan, pusing bisa juga disebabkan oleh hilangnya kalium. Untuk mengatasinya, tentu sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya banyak mengandung kalium, salah satunya kentang. Kentang yang dianjurkan bukanlah kentang yang di goreng. Sebaiknya, kentang untuk mengobati pusing direbus atau di bakar.

7. Hindari Stress

Seringkali pusing juga disebabkan oleh tegangnya urat syaraf atau otot-otot. Salah stau penyebab otot yang tegang adalah banyak fikiran dan akhirnya bisa menyebabkan stres. Sebaiknya, Anda jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan. Luangkan waktu sebentar untuk refreshing atau sekedar menonton film komedi. Film komedi dapat mengendorkan saraf dan membuat pikiran menjadi lebih ringan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design