Tips Jitu Hilangkan Ketombe pada Rambut


Tips jitu hilangkan ketombe


Ketombe merupakan suatu hal yang sangat menganggu bagi sebagian besar orang. Ketombe membuat rambut tampak kotor, lepek dan kusam. Sebenranya, ketombe adalah sel kulit kepala yang mati dan mengelupas karena folikel pada rambut berkurang. Ketombe bisa dialami oleh semua orang, baik muda, tua, wanita atau laki-laki. Penyebab ketombe ada berbagai macam. Kadang karena tidak cocok menggunakan shampoo, debu yang menempel pada kulit kepala atau rambut berminyak. Sebaiknya tidak menggaruk kulit kepala saat berketombe, karena dapat memperparah dan dapat menyebabkan kulit kepala menjadi luka. Ada beberapa tips untuk hilangkan ketombe secara alami.

1. Baking soda


Menghilangkan ketombe dapat menggunakan baking soda. Biasanya baking soda hanya digunakan untuk membuat kue atau roti di rumah. Tetapi, baking soda merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Baking soda dapat menghaluskan kulit mati yang menyebabkan ketombe. Selain itu, baking soda juga dapat mematikan jamur dan bakteri di kulit kepala. Caranya, ambillah satu sendok baking soda dan campur dengan segelas air. Aduk hingga rata, lalu siramkan ke kepala sampai merata. Pijat-pijatlah kepala dengan lembut. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih. Lakukan secara teratur minimal 2x seminggu.

2. Cuka


Cuka juga dipercaya dapat membantu hilangkan ketombe. Cuka akan menghilangkan sel kulit mati penyebab ketombe. Selain itu, cuka tidak akan menyumbat pori-pori kulit kepala. Cuka juga berfungsi sebagai fungisida yang dapat membunuh jamur secara efektif. Caranya,  ambillah setengah cangkir cuka apel yang dicampur dengan setengah cangkir air hangat. Lalu, jadikan shampoo untuk rambut.

3.Lidah buaya


Lidah buaya adalah tanaman yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Lidah buaya juga efektif digunakan untuk menghilangkan ketombe. Lidah buaya dapat menghambat proses proliferasi sel kulit. Caranya, ambil satu batang lidah buaya, kemudian belah menjadi dua dan ambil gelnya. Haluskan gel lidah buaya lalu usapkan ke seluruh kepala. Biarkan hingga beberapa menit, lalu bilas sampai bersih.

4. Garam


Untuk menghilangkan ketombe, Anda juga bisa menggunakan garam. Garam tentunya sangatlah mudah ditemui di rumah Anda. Garam dapat berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati, sehingga kulit kepala akan bersih dan terhindar dari ketombe yang gatal. Caranya, ambil beberapa garam yang bersih. Akan lebih baik lagi kalau menggunakan garam halus. Gunakan garam tersebut sebagai scrub pada kepala anda. Pijat secara perlahan dan ratakan. Biarkan saja beberapa menit sampai garam merekat pada kulit kepala. Lalu, bilas sampai bersih.


5. Aspirin


Aspirin juga dapat membantu hilangkan ketombe. Aspirin murni merupakan bahan aktif pada beberapa shampoo anti-ketombe. Aspirin membantu menyembuhkan kulit yang meradang. Hancurkan 2 tablet Aspirin sampai menjadi serbuk. Tambahkan ke shampo sebelum digunakan. Diamkan rambut selama 2 menit, lalu bilas sepenuhnya hingga bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design