Jahe Bisa Mengatasi Penyakit Ini Lho

Tanaman yang banyak dijumpai di negara tropis ini memang memiliki beragam manfaat serta khasiat, selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Didalam jahe terdapat kandungan minyak astiri dimana kandungan ini berfungsi sebagai penghangat tubuh. Selain untuk bumbu masakan dan juga penghangat badan, jahe juga berfungsi sebagai obat berbagai macam penyakit. Banyak sekali penyakit yang bisa disembuhkan dengan tanaman rempah ini seperti misalnya jantung, gangguan pencernaan dll.


Jahe Bisa Mengatasi Penyakit Ini Lho


Dan juga untuk jenis jahenya sendiri terdiri dari tiga macam yaitu jahe gajah yang merupakan salah satu jahe yang banyak menjadi favorit masyarakat, jahe kuning kuning yang memiliki warna kuning dan biasa digunakan untuk bumbu masakan, dan jahe merah yang memiliki kandungan minyak astiri yang banyak. Dan tentunya masing-masing jenis jahe ini memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang sama untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Dan berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan jahe sebagai obatnya.


Manfaat jahe untuk mengobati berbagai macam penyakit


1. Pereda nyeri dan sendi kaku


Didalam jahe terdapat zat yang bisa mengatasi nyeri dan kaku. Selain bia meredakan nyeri dan kaku, didalam jahe juga terdapat zat yang dapat menghilangkan rasa sakit serta meningkatkan pergerakan sendi. Jahe juga efektif mengurangi pembengkakan yang terkait dengan sakit rheumatoid arthiritis. Maka dari itu, ketika mengalami nyeri dan sendi kaku, meminum ramuan jahe bisa menjadi pilihan utama untuk mengobatinya.


2. Melancarkan sembelit


Jahe juga efektif melancarkan sembelit dan juga melancarkan pencernaan. Karena didalamnya terdapat zat yang bisa membantu penyerapan makanan serta mengurangi kemungkinan terjadinya sakit perut. Karena didalam jahe ini sendiri memiliki zat anti peradangan yang sangat baik untuk tubuh.


3. Pencegahan kanker


Jahe memiliki zat anti kanker yang sangat efektif mencegah terjadinya kanker. Ekstrak jahe berperan aktif menekan pertumbuhan sel kanker dan juga efektif mengatasi penyebaran sel kanker. Maka dari itu, jahe merupakan salah satu bahan alami untuk mengatasi penyebaran sel kanker misalnya seperti kanker ginjal, kanker paru-paru, kanker pancreas, dll.


4. Mengatasi masalah pernafasan


Jahe juga tergolong sebagai salah satu rempah-rempah yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pernafasan. Misalnya seperti batuk dan pilek. Didalam jahe terdapat zat ekspektoran alami yang berfungsi sebagai pelega pernafasan. Zat ekspektoran ini bekerja dengan cara memecah dan mengeluarkan lendir dahak sehingga nantinya mudah keluar melalui tubuh dan akan memulihkan sistem pernafasan kembali.


5. Mencegah dan mengobati penyakit jantung


Sebuah studi meneliti bahwa didalam jahe terdapat kandungan zat yang bisa menyebabkan  aterosklerosis. Didalmnya ug aterdapat zat yang memiliki manfaat serupa aspirin yaitu untuk mengurangi pembekuan darah. Maka dari itu, jahe sangat berkhasiat untuk jantung serta bisa menjaga kadar kolesterol agar tetap dalam keadaan normal.


Demikian beberapa manfaat jahe yang bisa anda ambil untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jadi tidak perlu kerepotan mencari-cari obat-obatan yang susah didapat, karena dengan jahe pun anda sudah bisa memanfaatkannya untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan.

1 komentar:

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design