Mengetahui Lebih Jauh Kelima Jenis Kanker Mesothelioma


Mengetahui Lebih Jauh Kelima Jenis Kanker Mesothelioma


Mesothelioma merupakan jenis penyakit kanker ganas yang terbilang sangat agresif yang mempengaruhi lapisan membran paru-paru dan perut, malignant Mesothelioma atau Mesothelioma ganas termasuk jenis penyakit kanker ganas yang paling serius dari semua penyakit yang terkait dengan asbestos. Penyakit ini bisa dibilang cukup langka, namun penyakit Mesothelioma saat ini tidak lagi dianggap langka. Penyebab utama terkenanya penyakit Mesothelioma adalah paparan asbes.

Mesothelioma kanker di paru-paru



Mesothelioma mempunyai beberapa jenis sesuai dengan bagian tubuh yang diserangnya, berikut jenis penyakit Mesothelioma:

  1. Mesothelioma Pleura (Selaput Paru-paru)

Jenis ini merupakan jenis penyakit kanker Mesothelioma yang paling umum diantara yang lainnya. Penyebab penyakit ini biasanya terjadi akibat banyak menyerap debu serat asbes, yang kemudian mengendap didalam pleura sehingga menyebabkan jaringan parut dan peradangan.

  1. Mesothelioma Peritoneal (Selaput Rongga Perut)

Jenis penyakit kanker Mesothelioma kedua ini biasanya berkembang di peritoneum, yaitu jaringan yang melapisi perut. Sama halnya dengan jenis penyakit kanker Mesothelioma Pleura, faktor penyebab utamanya penyakit ini disebabkan oleh debu dan serat asbes yang entah tertelan atau menemukan jalan ke saluran pencernaan sehingga mengendap di dalam dan terus berkembang di selaput rongga perut.

  1. Mesothelioma Perikardial (Kantung Yang Menyelimuti Jantung)

Jenis penyakit Mesothelioma Perikardial ini paling banyak menyerang jaringan yang melapisi jantung. Penyebab terjadinya penyakit ini juga karena asbes, dan kanker ini berkembang dari sel abnormal yang sudah berkembang pada pleura. Entah bagaimana proses penyebarannya tapi debu asbes ini bisa menerobos ke dalam pericardium dan tumbuh berkembang di selaput jantung.

  1. Mesothelioma  dari testis tunika vaginalis (lapisan internal organ seks laki-laki) dan Mesothelioma uteri tunika serosa (selaput internal organ seks wanita)

Kedua jenis mesothelioma ini merupakan yang paling langka terjadi. Meski belum diketahui bagaimana debu asbes bisa masuk kedalam organ intim wanita dan organ intim laki-laki ini, namun beberapa kasus menunjukkan bahwa debu asbes menjadi penyebab utamanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design