Cara Atasi Gatal-Gatal Karena Dingin Dengan Mudah

Cara atasi gatal-gatal karena dingin dengan mudah

Bagi sebagian orang, suasana dingin begitu sangat menyenangkan. Apalagi bagi mereka yang biasa hidup di kota dengan suasana yang panas. Suasana dingin dapat dimanfaatkan untuk duduk santai ditemani secangkir teh panas dan cemilan. Atau bisa juga sebagai momen yang nyaman untuk tidur. Namun, tidak sedikit orang yang merasa resah saat suasana dingin. Hal ini karena mereka tidak dapat menikmati suasana dingin tapi justru alergi terhadap dingin. Biasanya alergi dingin akan menimbulkan gatal-gatal pada kulit.

Cara atasi gatal-gatal karena dingin dengan mudah
Alergi Gatal Karena Dingin

Alergi karena dingin biasanya dimulai dengan benjolan kecil berwarna kemerahan yang kemudian akan membesar dan rasanya sangat gatal. Apabila digaruk, maka benjolan akan bertambah banyak dan meluas. Tentunya Anda ingin tau cara atasi gatal-gatal karena dingin. Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan untuk meredakan gatal-gatal.

1. Asam

Campurlah Asam jawa dengan rimpang temulawak, gula aren secukupnya dan 2 gelas air. Semua bahan tersebut direbus hingga air tersisa hanya 1 gelas saja. Saring air rebusan tersebut lalu diminum.

2. Akar jombangan 
Akar jombangan Manfaat untuk mengobati Gatal karena Alergi Dingin

Ambillah sekitar 30 smpai 40 gram akar jombang. Rebus dengan 400cc air hingga hanya tersisa setengahnya saja. Minum air rebusan dalam keadaan hangat. bAnda juga bisa mengganti akar jombang dengan akar Rosa Multifona Thumb. Caranya hampir sama. Ambil 40 samapai 65 gram Rosa Multifona Thumb, kemudian rebus dengan 400cc air. Terus rebus hingga air tersisa kurang lebih 200 cc. Minum air rebusan tersebut 2x sehari.

3.Tanaman leunca
Tanaman leunca manfaat untuk obati gatal karena alergi dingin

Tanaman leunca juga dapat digunakan untuk meredakan gatal pada kulit. Caranya, ambillah tanaman leunca secukupnya. Tumbuk hingga halus, namun tidak dengan akarnnya. Setelah halus, oleskan pada kulit. Lakukan langkah ini 3x dalam sehari. 

4. Daun sirih

Campurlah 25 lembar daun sirih dengan 25 lembar daun ketepeng dan 1000cc air. Rebuslah hingga mendidih. Saringlaah air hasil rebusan kemudian dinginkan. Gunakan air untuk mengompres bagian kulit yang gatal-gatal.

5. Olesi minyak kayu putih atau bedak salicyl

Alergi Gatal karena dingin bisa di sembuhkan dengan minyak kayu putih
kayu putih
Sembuhkan Alergi Dingin dengan Bedak Salicyl
Bedak Salicyl

Minyak kayu putih dan bedak salicyl dapat membantu meringankan rasa gatal pada kulit. Jika terasa sangat gatal, Anda bisa mengolesi minyak kayu putih atau menaburi bedak agar rasa gatal bisa reda.

Itulah beberapa cara atasi gatal-gatal karena dingin yang mungkin bisa untuk membantu Anda. Alergi dingin janganlah diremehkan begitu saja karena bisa memperburuk kondisi badan Anda. Saat alergi dingin, pakailah baju yang tebal sebagai tameng suasana yang dingin. Lebih baik beristirahat dirumah untuk menghindari suasana dingin. Hindari beberapa aktivitas diluar rumah, terutama aktivitas luar ruangan. Berada diluar ruang dengan suasana yang dingin dapat memperburuk kondisi Anda. Lebih baik lagi jika Anda berada diruangan yang hangat, jika perlu dekat dengan api unggun. Usahakan untuk mandi dengan air hangat pada pagi dan sore. Anda harus bisa menjaga agar tubuh terasa hangat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design