Cara atasi batuk berdahak dan batuk kering secara tradisional


Cara atasi batuk berdahak dan batuk kering secara tradisional


Batuk adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu. Batuk bisa menyerang siapa saja.Batuk ada dua macam, yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak dan batuk kering disebabkan oleh beberapa macam faktor. Untuk batuk berdahak, biasanya disebabkan oleh peradangan pernafasan, asap rokok, asap kendaraan, polusi, infeksi pada saluran pernafasan, flu yang berlebihan, dan meningkatnya asam lambung. Untuk batuk kering, biasanya disebabkan oleh infeksi pernafasan, meningkatnya asam lambung, penyakit serius, effek samping obat dan reaksi alergi.

Ada beberapa ramuan herbal cara atasi batuk berdahak dan batuk kering yang bisa Anda coba.

A. Untuk batuk berdahak


1. Jeruk nipis di campur madu

Jeruk nipis yang dicampur dengan madu telah lama dipercaya ampuh untuk mengobati batuk berdahak. Caranya, siapkan 1 buah atau secukupnya jeruk nips. Setelah itu potong jeruk menjadi 2 bagian. Kemudian peras air jeruk nipis. Campurkan madu pada air perasan jeruk nipis. Minumlah 2-3 kali dalam sehari. Anda juga bisa mengganti madu dengan kecap.

2. Ramuan kencur dan Jahe

Jahe mengandung zat anti-bakteri. Jahe juga bisa menghangatkan tubuh. Untuk membuat ramuan kencur dan jahe, siapkan kencur dan jahe secukupnya. Kemudian iris kencur dan jahe tersebut. Setelah selesai, rebus irisan kencur dan jahe dengan air secukupnya. Kemudian saring air rebusan kencur dan jahe dan minum minimal sekali dalam sehari.

3. Daun Sirih dan Jahe

Daun sirih mempunyai banyak sekali manfaat. Daun Sirih juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengobati batuk berdahak. Caranya, rebus daun Sirih secukupnya lalu tambahkan potongan Jahe. Minum air rebusannya sebanyak minimal 1x per hari. Air rebusan tersebut akan menjaga tubuh agar tetap hangat dan sehat.



B. Batuk Kering


1. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh yang mempunyai rasa asam juga dapat membantu mengobati batuk. caranya, siapkan 5 sampai 10 buah blimbing wuluh, lalu cuci dan haluskan dengan blender. Kemudian campurlah dengan secangkir air yang masak dan garam sedikit. Peras dan saring campuran tersebut, kemudian minum 2x sehari, setiap pagi dan sore.

2. Daun Kemangi 

Daun kemangi merupakan jenis rempah-rempah yang sering digunakan untuk bumbu masakan atau lalapan. Daun kemangi mempunyai aroma yang sangat khas. Daun kemangi dapat digunakan untuk mengobati batuk kering. Caranya, siapkan 5 sampai 7 lembar daun kemangi, lalu rebus dengan 1-2 gelas air. Saring air rebusan daun kemangi dan minum minimal sekali per hari sampai batuk benar-benar sembuh.

Itulah beberapa  cara atasi batuk berdahak dan batuk kering. Jika sedang terserang penyakit batuk, baik batuk berdahak atau batuk kering, Anda juga seharusnya menjauhi tempat yang berdebu dan tempat yang dingin, menjaga kondisi tubuh agar selalu hangat dengan memakai syal, jaket, atau selimut, mandi dengan mengguanakan air hangat, hindari merokok dan asap rokok, hindari kerja terlalu keras dan banyak minum air putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design