Cara Alami Mengobati Perut Kembung

Di saat keadaan normal, asam dibutuhkan dalam proses pencernaan untuk mengolah makanan yang akan dimakan. Akan tetapi jika asam tersebut berlebihan dapat mengakibatkan perut menjadi kembung. Nah, asam tersebut di diproduksi oleh lambung yang bisa menimbulkan iritasi pada selaput lendir lambung. Jadi, anda harus makan yang teratur dan tidak diperbolehkan makan makanan pedas serta berminyak, apalagi sering minum kopi atau alkohol. 
Perut kembung yang kondisinya terbilang kelebihan gas pada umumnya wajar. Namun apabila gas dan rasa kembung pada perut anda terus berlanjut, walaupun telah mengatur pola makan dan melakukan istirahat, itu tidak cukup serta harus dibarengi dengan minum obat agar segera sembuh. Biasanya akan mudah reda ketika penderita sudah mampu mengeluarkan gas baik dalam bentuk kentut atau sendawa. Di bawah ini cara alami yang bisa membantu mengobati perut kembung. 





Cara Alami Mengobati Perut Kembung

1. Bawang Merah

Perut kembung dapat diatasi dengan bawang merah. Cara membuat obat perut kembung dengan bahan dasar bawang merah yaitu pilih dan siapkan beberapa biji bawang merah kemudian parutlah dan campurkan menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih. Selanjutya tempelkan ramuan tersebut di daerah pusar. Tunggulah sampai perut anda merasakan lega. 

2. Labu Kuning

Tidak disangak bahwa labu mampu membantu dalam proses pemulihan masalah perut kembung. Bukan hanya itu saja, labu juga menghambat gas yang berlebihan di dalam perut. Cara penggunaanya bermacam anda bisa mengukusnya, memanggang, atau dibuat sup yang dicampurkan dengan bahan lain. Setelahnya anda dapat mengonsumsinya. 

3. Jahe

Cara selanjutnya adalah menggunakan bahan alami jahe. Anda harus menyiapkan 3 potong jahe atau boleh lebih tapi secukupnya saja. Kemudian jahe tersebut dibersihkan, lantas dipukul-pukul atau digeprek hingga terlihat gepeng. Setelah itu, baru dicampur dengan air panas ke dalam gelas, tambahkan gula dan aduklah merata. Minumlah selagi masih hangat, maka perut kembung mulai merasa enak.  

4. Buah Nanas 
Jika perut anda masih kembung, konsumsi buah nanas agar dapat membantu mengurangi masalah perut kembung yang berlebih. Hal ini digunakan karena buah nanas kaya akan kandungan enzim bromelain, sehingga dapat memecah protein serta meringankan proses pencernaan, sampai menurunkan rasa kembung. Cukup dengan dimankan atau dibuat jus. 

5. Temu Putih

Cara yang dilakukan anda adalah dengan merebus temu putih hingga masak. Kemudian minum ramuan tersebut. Aplikasikan secara rutin dan teratur. Hal ini agar lebih efektif dan maksimal, sehingga perut kembung anda segera mengilang. 

6. Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang rasanya enak dapat digunakan airnya sebagai pendorong angin agar cepat keluar dari perut. Jadi dapat mengatasi perut yang kembung dengan cepat. Peraslah air jeruk nipis dan tambahkan sedikit air hangat. Minumlah sampai habis. 


Silahkan baca juga: Hebohnya Penyakit Parkinson Belakangan Ini



7. Air Putih 

Jika perut kembung sebaiknya minumlah air putih agar dapat mendorong angin keluar, dengan melalui sendawa atau kentut. Jika anda mengalami dehidrasi tentu membuat tubuh menahan air serta menyebabkan kembung. Oleh sebab itu, tekankan pada diri anda agar minum cukup air guna melindungi tubuh dari dehidrasi. 

Setelah anda mengetahui cara alami untuk obati perut kembung, sekarang anda tidak perlu repot – repot membeli obat di pasaran. Akan tetapi, jika perut kembung anda tak kunjung sembuh, segeralah pergi berobat ke dokter. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design