14 Tips Supaya Kamu Bisa Sembuh dari Kebiasaan Susah Tidur Atau Imsomnia

14 Tips Supaya Kamu Bisa Sembuh dari Kebiasaan Susah Tidur Atau Imsomnia 


1. Hindari Cahaya Saat Anda Akan Tidur

Cahaya akan sangat mempengaruhi proses terjadinya produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang sangat terang akan menghambat proses produksi hermon tersebut, sehingga apabila semakin tidak ada cahaya maka akan semakin mendorong proses produksi hormon melatonin ini.

Tips : Matikan semua peralatan yang mengandung sumber cahaya seperti komputer, Televisi, dan lain sebagainya. Matikan peralatan bercahaya anda satu jam sebelum anda tidur. Jika ada sumber cahaya yang tidak bisa dimatikan, tutuplah sumber cahaya itu dengan kain hitam atau penutup lainnya agar cahaya bisa di redam bahkan di hentikan.


2. Hindari kebiasaan untuk terus melihat ke arah jam anda


Jika anda memandangi terus-terusan jam pada dinding anda, tidur anda akan tersiksa. Anda akan merasa khawatir terus menerus karena anda akan merasa terus menerus dikejar waktu dengan sisa waktu untuk tidur sebelum hari sibuk anda yang lain akan segera dimulai. Jika anda termasuk orang yang melakukan hal tersebut, maka anda perlu meletakan jam anda di dalam laci agar tidak terlihat oleh anda, atau di letakan di bawah tempat tidur atau putar kearah yang bertentangan dengan arah pandang anda.


Sulit tidur itu menyebalkan

3. Hindari minum kafein 9 jam sebelum anda tidur


Bagi sebagian orang kopi bagus jika di minum di pagi hari. Namun saat menjelang tidur malam, anda harus mulai menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein.  Kurangi juga mengkonsumsi cokelat, cola, teh, ataupun kopi walaupun tanpa kafein. 

Tips: Pain killers dan juga pil penurun berat badan juga mengandung kafein, usahakan anda untuk menghindarinya. 

4. Atur sebaik mungkin jadwal tidur anda


Aturlah jadwal ketika akan tidur dan jadwal akan bangun tidur, patuhi jadwal secara teratur setiap harinya, termasuk juga pada akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh anda menjadi sehat, otak dan tubuh anda akan tetap pada siklus bangun dan pergi tidur dengan sehat. Hingga pada waktunya anda akan jatuh tertidur dengan nyenyak sepanjang malam.

Tips: Dapatkan cahaya yang terang selama 5 sampai 40 menit segera mungkin saat anda bangun tidur. Cahaya adalah regulator terkuat untuk membangunkan anda dari tidur. 

5. Lakukan olahraga secara teratur


Olahraga yang teratur telah menjadi bukti dapat meningkatkan kualitas tidur seserang. Selama olahraga itu dilakukan tidak terlalu dekat dengan jarak waktu untuk tidur. Energy yang didapatkan saat setelah berolahraga akan membuat badan anda tetap terjaga. Beri jarak antara waktu setelah anda berolahraga dengan jarak waktu untuk tidur kurang lebih sekitar 3-4 jam.

Tips: Olahraga dengan latuhan ringan seperti yoga, tai chi, dan lainnya, boleh anda lakukan sebelum tidur. 

Lakukan olahraga dengan rutin agar anda bisa tidur
Olahraga dengan rutin bisa mengurangi insomnia


6. Menetralisir Suara


Tetesan suara air, anjing berisik terus menggonggong, suara klakson kendaraan akan menggaggu sebagian waktu tidur anda, sehingga anda susah tidur dan membuang waktu untuk beristirahat. 

Tips: lawanlah suara itu dengan suara lain yang lebih teratur dan tenang, seperti suara Fan, AC, Suara alunan musik instrument, atau suara menenangkan lainnya. Anda juga bisa memakai sumbat telinga (ear plugs) untuk menagtasinya. 

7. Jangan merokok


Nikotin yang terkandung pada rokok merupakan sebuah stimulant, sama halnya dengan kafein. Nikotin akan membuat anda semakin terjaga, sama halnya dengan kafein. Hindarilah merokok saat menjelang tidur, akan lebih baik lagi anda menghentikan kebiasaan merokok dengan selangkah demi selangkah dalam setiap harinya. Percayalah hidup tanpa rokok akan lebih sehat dibandingkan dengan hidup menghirup rokok.

Tips: untuk mempermudah rencana berhenti merokok anda, anda akan tidur sedikit lebih baik jika anda merokok lebih sedikit dari biasanya dan akan berhenti merokok paling tidak selama 4 jam sebelum anda tidur malam.


8. Jauhi binatang peliharaan anda dari tempat tidur


Kebiasaan memelihara binatang di dalam rumah bahkan memeliharanya di dalam kamar menjadi keniscayaan saat ini. Banyak orang yang saking mencintai binatang peliharaannya sampai membawanya tidur bersama saat malam tiba. Bintang peliharaan yang biasanya dipelihara di dalam rumah seperti anjing dan kucing. Gerakan anjing dan kucing peliharaan anda akan mencegah anda untuk tidur nyenyak seperti yang selama ini anda dambakan. Binatang peliharaan juga dapat membawa sumber penyakit, kutu, debu, bulu, dan pemicu alergi lainnya ke tempat tidur anda. 

Tips: konsultasikan ke dokter hewan atau kepada pelatih binatang tentang bagaimana cara agar hewan peliharaan tetap senang dan mau tidur di tempatnya sendiri.


hindari tidur dengan binatang
Hindari tidur dengan binatang peliharaan anda

9. Relaksasikan pikiran anda sebelum hendak tidur


Redakan emosi dan pikiran anda sebelum tidur, lakukan satu jam sebelumnya. Baca sesuatu yang ringan, mendengarkan music, mandi air hangat atau melakukan sesuatu yang dapat menenangkan pikiran anda. 

Tips: lakukan juga ritual ini selama 10 menit sebelum anda tidur.


10. Gunakan bantal untuk meringankan nyeri punggung


Nyeri punggung ringan mungkin tidak akan dapat membangunkan atau mengganggu tidur, tetapi akan sangat mengganggu tidur nyenyak anda. Solusi terbaik adalah dengan meletakan sebuah bantal kecil yang diletakan diantara kedua kaki saat sedang tidur menyamping. Gunanya untuk menyejajarkan pinggul dan mengurangi nyeri dibagian punggung.

Tips: saat tidur terlentang, letakkan bantal kecil dibawah kedua lutut anda hal ini berguna untuk mengurangi sakit punggung pada malam hari.

11. Letakkan leher di posisi yang netral


Jika leher anda terasa kaku saat bangun tidur, kemungkinan anda salah bantal. Terkadang anda menggunakan bantal yang terlalu tipis atau terlalu tebal. Bantal harus berukuran pas untuk mendukung leher anda dengan posisi netral yang tepat saat tidur. Ketika tidur menyamping, hidung anda harus diusahakan sejajar dengan pusat tubuh. Hindari tidur dengan posisi telungkup karena hal ini justru akan melilitkan leher anda.

Letakkan leher di posisi yang netral
Salah posisi bantal bikin sakit leher

12. Bersihkan tempat tidur dengan teratur


Alergi yang menyebabkan bersin-bersin, pilek, ataupun gatal-gatal dapat membuat tidur anda menjadi keganggu. Hal ini bisa saja terjadi karena tempat tidur anda yang kotor dan penuh debu, kutu dan segala macam penyebab alergi lainnya. Cobalah membiasakan diri mulai membersihkan tempat tidur anda secara teratur dalam setiap harinya, selain akan membuat kita merasa lebih nyaman saat hendak tidur juga bisa membuat anda terhindar dari segala sesuatu yang dapat menyebabkan alergi dan penyakit lainnya. Anda akan merasakan tidur dengan tenang dan nyenyak.


13. Segera konsultasikan ke dokter


Ketika anda mengalami tingkat insomnia yang semakin parah dan akut, anda di wajibkan untuk memeriksa kondisi ini pada dokter, karena bisa jadi ada gangguan dalam kesehatan anda. Insomnia bisa jadi sebagai sebuah gejala terhadap suatu penyakit yang serius. Insomnia yang kronik perlu adanya pemeriksaan khusus sebagai evaluasi dari dokter setempat. 


Segera konsultasikan ke dokter
Konsultasikan ke dokter tentang insomnia yang anda derita


14. Gunakan obat tidur sesuai resep


Anda mungkin akan tergoda untuk meminum obat tidur saat insomnia menyerang anda. Anda tidak bisa tidur dan terus merasa seperti sedang gelisah tanpa tidak tahu apa yang di gelisahkan, banyak pikiran yang melayang-layang kesana kemari tanpa ujung yang jelas. Jika anda meminum obat tidur untuk mengatasinya, berhati-hatilah ketika menggunakan obat tidur. Obat tidur dapat membuat anda menjadi kecanduan dan dapat memiliki efek samping yang dapat mengganggu kesehatan anda. Idealnya obat tidur digunakan saat kepepet saja dan dilakukan dalam jangka waktu yang pendek, bukan untuk menjadi gaya hidup sehari-hai.

Demikian beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika sedang mengalami insomnia atau susah tidur. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design