Penyebab Penyakit Polio dan Cara Mencegahnya

Penyebab Penyakit Polio dan Cara Mencegahnya – Salah satu penyakit yang menyerang siste saraf dalam tubuh, dan bisa menyebabkan kelumpuhan secara permanen adalah polio. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama poliovirus (PV). Biasanya virus ini masuk ke dalam tubuh melalui mulut setelah itu, akan menginfeksi usus. Virus yang bisa masuk ke alliran darah ini, akan mengalir ke sistem saraf pusat, dan hal inilah yang menyebabkan kelemahan pada otot dan bisa menyebabkan kelumpuhan. Penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya, akan tetapi, hal ini bisa diatasi dengan melakukan vaksinasi. Badan kesehatan dunia (WHO) pada maret 2014, telah menyatakan bahwa di Asia Tenggara termasuk Indonesia, telah bebas dari wabah polio.

Penyebab Penyakit Polio dan Cara Mencegahnya

Hal ini dikarenakan adanya program vaksinasi polio yang dicanangkan sebelumnya, dan sukses dilaksanakan. Polio ini sendiri tidak hanya menyerang anak-anak. Semua usia bisa berpotensi terkena virus ini. Sebagian besar penderita polio tidak mengetahui diri terjangkit polio di masa awal tubuh terkena virus ini. Maka dari itu mengenali penyebab dan cara pencegahan penyakit ini merupakan salah satu langkah utama untuk menghindari penyakit yang bisa menyebabkan kelumpuhan ini. Dan berikut ini adalah penyebab penyakit polio dan pencegahannya yang perlu untuk anda ketahui.
Penyebab Penyakit Polio dan Cara Mencegahnya


1. Virus

Virus yang bernama poliovirus (PV) ini merupakan salah satu penyebab utama penyakit polio.virus ini akan masuk melaui pembuluh darah serta bisa langsung menyerang sistem saraf. Hal inilah yang menyebabkan penderita penyakit polio ini mengalami kelumpuhan permanen. Bahkan pada beberapa kasus bisa langsung menyebabkan kematian. Biasanya virus ini masuk melalui mulut, lalu akan berkembangbiak di tenggorokan serta pencernaan. Setelah itu, akan diserap darah dan masuk ke dalam sistem saraf pusat.


2. Bepergian ke daerah yang terkena wabah polio

Karena penyakit ini merupakan jenis penyakit menular, maka jika anda berpergian ke daerah yang sedang terjangkiti wabah ini, andaakan berpotensi terjangkiti virus ini. Polio ini merupakan jenis penyakit menular yang bisa ditularkan melalui mutu, serta percikan ludah dari mulut penderita polio. Maka sebaiknya penderita polio ini menjalani proses rehabilitasi untuk mendapatkan penanganan lebih serius lagi, agar tidak menular ke orang lain.

3. Lemahnya sistem imun tubuh

Selain itu, sistem imun tubuh yang lemah, tentu saja akan berdampak pada mudahnya virus untuk masuk kedalam tubuh. Karena memang virus ini masuk dan menjangkiti penderita yang tidak memiliki sistem imun tubuh yang kuat. Maka dari itu, menerapkan pola hidup sehat serta mengkonsumsi makanan yang bisa menguatkan sistem imun tubuh, seperti makanan yang kaya akan asam folat, bisa menjadi salah sau langkah antisipasi diri agar terhindar dari resiko terkena polio.

4. Pencegahan penyakit polio

Salah satu langkah utama untuk mencegah polio adalah melakukan vaksinasi untuk memeberikan kekebalan tubuh pada anak . vaksinasi ini sangat penting mengingat vaksin polio memiliki kemungkinan secara efektif mencegah polio. Selain anak-anak, orang dewasa juga perlu sekali untuk mendapatkan vaksinasi polio jika sebelumnya belum pernah mendapatkan vaksinasi atau tidak jelas status vaksinasinya. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kekebalan sistem imun tubuh seperti makanan yang kaya akan asam folat dan vitamin C juga sangat penting dalam menjaga tubuh dari ancaman virus polio ini.

Demikian beberapa penyebab penyakit polio berikut langkah pencegahannya. penyakit ini memang tidak bisa disembuhkan, biasanya obat yag diberikan hanya untuk meminimalisir rasa sakit dan juga agar penyakit ini tidak berkembang lebih parah lagi, maka dari itu, mengetahui beberapa penyebab serta mengetahui langkah pencegahannya, bisa memabntu anda mengantisipasi untuk menghindari diri dan keluarga dari ancaman virus ini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Copyright © Kesehatan Alami. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design